Penyaluran Sembako JPS Pemprovsu di Nias Barat Berlangsung Lancar

Pemprov Sumatera Utara

topmetro.news – Bantuan sembako Jaring Pengaman Sosial (JPS) Pemprov Sumatera Utara untuk 14.568 kepala keluarga (KK) terdampak covid-19 di Nias Barat, berlangsung lancar, Selasa (19/5/2020).

Penyaluran bantuan dimulai pukul 10.00 WIB di Kecamatan Moro’o. Disaksikan Bupati Nias Barat Faduhusi Daely dan unsur Forkopimda. Serta di bawah pengawasan aparat TNI/kepolisian.

Masing-masing pihak kecamatan menerima bantuan sembako untuk selanjutnya disalurkan kepada KK penerima terdaftar di desa masing-masing.

Ada pun total penerima 14.568 KK itu tersebar di 105 desa di 8 kecamatan di Nias Barat. Penyaluran bantuan sembako di tingkat desa dikoordinir para kepala desa dengan melibatkan Babinkamtibmas dan Babinsa.

Total Paket Bantuan

Ada pun total nilai per paket bantuan Rp225.000 yang terdiri dari beras premium 10 kg, gula 2 kg, minyak 1 liter, dan mi instan 20 bungkus, serta susu 1 kaleng.

“Kami bersyukur bahwa penyaluran bantuan sembako JPS dari Pemprov Sumut di Nias Barat berjalan lancar,” ujar Tim Pendamping Penyaluran Sembako JPS Pemprov Sumut, Rismawati Simanjuntak, Selasa (19/5/2020).

Bantuan sembako JPS Pemprov Sumut di Nias Barat, sebut Rismawati, dibelanjakan langsung oleh Pemkab Nias Barat. Setelah sebelumnya menerima transfer dana Rp3.277.8000 dari Pemprov Sumut melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Sesuai arahan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, kata Risma, para pelaku UMKM di Nias Barat dilibatkan dalam pengadaan sembako. Tujuannya agar bertumbuh ekonomi lokal.

Ditambahkan Risma, baik jumlah dan volume bantuan sembako, telah dipastikan sesuai dengan ketentuan. Karena proses pengepakan disaksikan oleh Pemkab Nias Barat dan aparat TNI/kepolisian.

Sebelumnya bahan-bahan sembako itu dikumpulkan di Gedung Gereja BNKP Persiapan Bukit Sion. Di sana, bahan-bahan sembako yang akan disalurkan, dikemas per paket. “Jadi sebelum dikemas per paket, sudah melalui pemeriksaan,” pungkas Risma.

Tak lupa Risma menyampaikan salam hangat dari Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut. Yang mengharapkan bantuan sembako JPS tersebut dapat membantu kesulitan masyarakat penerima di masa pandemi Covid-19.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment